Jumat, 15 Juli 2011

17.12.1990 Oleh : RB Riyanto Hal : ilmu nusantara (keesaan)



Hal menyang awakmu sing bakal arep ngajar, sing wis tak kei panguasaku kangge nimbolake ilmu sejati, nganthi ngathio awakmu ojo lancang, langgar opo sing tak garis ake menyang awakmu, yen awakmu wis bisa gunaake panguasaku nurut opo sing dadi kekarepanmu, anging sapisan meneh tak elingk ake menyang awakmu, awakmu berlindung menyang panguasane Gusti ngamal ake nuruto sing tak ajar ake, ya iku ajaran ngilmu nusantara. Satrione nusantara iku bektimu menyang tanah airmu, demi pengabdianmu menyang tanah airmu ojo nurut kekarepanmu dewe, karep sing mbok trimo seko nalarmu, bukane saking roso sejatimu menyang awakmu.
 Aku gurumu bakal ngei kaweruh semngat kesatuan terus dikobarake menyang awakmu, tampa kesatuan, ora bakal iso nuju titik kesempurnaan, tujuan awakmu ngecep ilmu menyang Mekar Jati kanggo nguatake jiwa lan ragamu kanggo ngadepi panguripanmu nanging jagate manungso. Tingkah lakumu alon-alon nangeng pasti sesuaike karo ajaran kesatrian. Sesuai dengan kepercayaan kita kepada ALLAH Yang Maha Kuasa. Kita diwajibkan untuk mengamalkan ilmu-ilmu yang kalian gali disini, amalan ilmu-ilmu Mekar jati yang kita yakini akan kebenaranya. Perlu kalian ketahui menjadi tugas dari kalian semua yang percaya akan kuasa ALLAH yang percaya bahwa kita hidup dibumi nusantara kita harus berbakti kepada bumi nusantara.
Kita tidak menghendaki bahwa di bumi nusantara akan bertambah terus bertambah terus perbuatan-perbuatan yang hina itu menjadi kewajiban kita semua dengan segala kemampuan yang ada pada dirimu terus berusaha untuk menuntun teman-temanmu dijalan yang benar dijalan Ke-Esa-an. Semoga bumi nusantara tidak bertambah kehinaan. Perlu kalian ketahui belajar menuntu pelajaran-pelajaran Mekar Jati diperlukan ketekunan, diperlukan sesuatu kepercayaan akan kuasa ALLAH dan diperlukan satu kepercayaan diri kalian semua terhadap gurumu, tampa kau percaya kepada kuasa ALLAH tampa kau percaya kepada pembimbingmu tidak ada berguna kau belajar disini, sekali lagi ku ingatkan kepandaian yang kau pelajari disini tidak dibenarkan memohon seuatu kekuatn untuk menghadapi masalah kehidupanmu.
Mengandalkan kuasa-kuasa gaib terutama yang memberikan perintah-perintah langsung kepad dirimu untuk melakukan suatu tindakan-tindakan, pengangan dirimu tetap pada Guru Sejati. Kita berlindung di Kuasa ALLAH perlu kalian ketahui kenapa selalu ku katakan kepada dirimu bahwa guru sejati adalah peganganmu itu adalah pegangan yang benar yang tidak akan sekali-kali menjerumuskan kau, kita juga percaya akan leluhur kita bahwa leluhur kita juga tidak akan menjerumuskan kita dilembah kehinaan tapi perlu kalian ketahui kehidupanmu denga para leluhur sudah ada perbedaan alam, saya yakin dan kalian semua juga yakin leluhur kita tidak akan menjerumuskan kita tapi kalian juga harus lebih yakinkepada guru sejatimu, karena bagaimanapun juga kita diperlukan kematangan dalam hidup, kita bukan boneka yang setiap menghadapi maslah mengandalkan petunjuk-petunjuk dari para leluhur.
Biarkan para leluhur membantu kita membantu keinginan Mekar Jati tapi tidak dibenarkan mereka memberi perintah-perintah langsung kepada diri kalian. Kita harus menggali kepercayaan diri kita sendiri. Kita harus mematangkan kehidupan kita lahir maupun batin dengan bersandar kalian kepada guru sejati. Seikit-demi sedikit tapi pasti kalian akan menemukan suatu titk kesempurnaan.
Kuminta  kepada kalian sedikit demi sedikit segala tingkah lakumu kehidupan disesuaikan dengan ajaran-ajaran Mekar jati. Semoga akan betul-betul terwujud apa yang menjadi tujuan dati Mekar Jati. Ku peringatkan kepada kalian yang telah mempraktekan atau mengamalkan kepandaian demi masyarakat demi manusia yang memohon pertolongan kuasa ALLAH lewat diri kalian, kitaa percaya kuasa ALLAH tampa sarana apapun segala keluhan manusia akan dapat teratasi. Tapi kuingatkan kepada dirimu, kalian percaya akan ALLAH tapi kita juga harus berbakti kepada tanah air. Kita gunakan kuasa ALLAH tapi kita gunakan ilmu nusantara untuk melaksanakan apa yang menjadi tuntutan masyarakat kepada dirimu, itulah manusia sempurana. Dimana kita hidup disitu kita harus mengamalkan ilmu yang ada  disitu, kita dibeti akal kita diberi bekal oleh ALLAH kesempurnaan.
Menjadi kewajiban kita dimanapun kita  berada disitu kita harus menyesuaikan diri kita dengan lingkungan itu. Teman-teman adalah menjadi satu kebanggan bagi kita. Kita diwajibkan, nanti dapat menunjukan bahwa Mekar Jati menjadi pegangan semua manusia yang ingat aka nasal-usulnya, kuperingatkan lagi perjuangan untuk Mekar Jati diperuntukan satu kesatuan dari kalian, saling isi mengisi, saling hormat menghormati. Kalau mengandalkan dirimu pribadi dalah mustahil untuk mencapai tujuan. Tidak akan menjadi kenyataan itu adalah kewajiban, itu adalah petunjuk-[etunjukku untuk dirimu itu sebagai penuntun. Kubawakan padamu menganai pelajaran-pelajaran ke-Esaan, kita belajar mendekatkan diri kita dengan kuasa ALLAH dengan sifat-sifat ALLAH, kita belajar melalui pendekatan rasa, rasa yang dapat kita pertanggung jawabkan akan kebenarannya.
Kita belajer, belajar mendekatkan diri kepada kuasa ALLAH. Menyatukan kuasa ALLAH terjadi pada diri kita itu hanay dapat dilakukan oleh kalian dengan penyerahan jiwa ragamu sepenuhnya akan kusa ALLAH. Hilangkan semua sifat keraguanmu diwaktu kau belajar mendekatkan dirimu kepada kuasa ALLAH. Kuasa ALLAH ada dimana-mana dan didalam dirimu. Di dalam lubuk hatimu yang paling dalam,disitu ada kuasa ALLAH. Kuasa ALLAH yang ada pada dirimu harus kaliangali, dan kuasa iblis yang ada pada dirimu harus kau kalahkan.
Sebelum kamu dapat merasakan betul-betul petunjuk dari ALLAH, akalmu harus dapat membedakan antara kebenaran karena dengan berjalan dengan hidup dijalan kebenaran, itu adalah sarana dari kalian untuk mendekatkan dirimu kepada kuasa ALLAH yang ada pada diri kalian. Aku sebagai gurumu tidak menghendaki dan tidak menyuruh dirimu secara mendadak untuk langsung menghilangkan sifat-sifatmu yang tercela. Aku menghendaki sedikit demi sedikit kau merubah semua tidakan-tindakan yang dalam akal pikiranmuadalah tindakan-tindakan yang tidak terpuji.
Perlu kalian kehatui perjuangan kita adalah demi kebesaran nama ALLAH. Jangan kau kotori kepandaianmu yang sudah kau gali dengan tingkah lakumu yang sehari-hari yang tercela. Kau belajar setiap hari dengan tekun, dengan kesadaran duduk bermenit-menit hingga berjam-jam untuk menguasai dirimu, maka pelajaran itu kodratkan juga didalam tingkah lakumu hidup sehari-hari. Aku rasa dirimu telah dapat menayring dengan benar mana tindakan-tindakakan yang benar dan tindakan-tindakan yang salah.
Sesuai dengan ajaran agamamu masing-masing, maka menjadi kewajibanmu untuk merubah sedikit demi sedikit kelakuanmu sesuai dengan ajaran ke-Esaan. Aki yakin dan percaya bahwa kalian akan mampu, akan mampu untuk mengukuhkan iyu.
ALLAH Maha Besar, ALLAH Maha Besar, ALLAH Maha Besar
Jangan sekali-kali dirimu terpancing untuk mengeluarkan kemampuanmu yang mendahului kehendak ALLAH itu adalah sebenarnya nafsu. Tiap saat, tiap waktu iblis akan mengajak dirimu untuk melakukan sesuatu tindakan-tindakan yang sifatnya mendahului kehendak ALLAH. Itu dapat terwujud dari dirimu sendiri, dari teman-temanmu yang akan menyerat dirimu untuk mengetahui kejadian-kejadian yang akan terjadi. Perlu kalian ketahui kita adalah manusia dan kita menyadari bahwa kita ikhlas sebagai manusia ciptaan ALLAH mka atidak benar bagi kita kalai didalam tindakan sehari-hari kita mengaluarkan kemampuan kita yang lewt dari jalur sejati-sejatinya manusia. Itu perlu kalian tekankan didalam dirimu masing-masing. Jangan kalian lakukan itu, segeralah sadar segeralah mihin pengampunan dari Tuhan Yang Masa Esa.
Perlu kalian ketahui adala sifat manusia sekali kita melakukan tindakan yang salah timbul penyesalan yang mendalam dengan penyesalan yang mendalam tapi kita lakukan lagi perbuatan itu maka kadar penyesalan itu akan menjadi kecil. Kita sesali lagi perpuatan itu, tapi kita lakukan perbuatan itu lagi maka kadar penyesalan kita telah hialng maka itulah yang dikatakan manusia iblis. Dia telah manghalalkan semua cara, menghalalkan cara-cara yang tidak direstui ALLAH maka segeralah kau perbaiki kehidupanmu. Segeralah kau sadari akan perbuatan-perbuatanmu. Mohonkan kepada Tuhan. Setalah kaumemohonkan pengampunannya dengan kesadaranmu kau kekang perbuatanmu. Jangan sampai kau lakukan perbuatan itu lagi. Untuk jauh berpaling kepada ALLAH maka menjadi kewajiban dari kalian yang dengan kesabaranmu kalian datang berkumpul disini menggali kemampuan-kemampuan diri, mendekatkan dirimu, jiwa ragamu akan kuasa ALLAH untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang hina.
Perlu kalian ketahui, kalian sendiri saja yang telah belajar dengan kesadaran penuh disini, mendekatkan dirimu dengan kuasa ALLAH, tapi perbuatanmu diluar, perbuatanmu sehari-hari tidak beanr. Bagaimana dengan meraka teman-temanmu yang tidak pernah mendekatkan diri kepada ALLAH dengan khusuk, maka menjadi kewajibanmu memberi contoh pada mereka mengajak mereka di jalan yang benar.
Kurasa untuk mala mini cukup sekilan
ALLAH Maha Besar, ALLAH Maha Besar, ALLAH Maha Besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar