Jumat, 15 Juli 2011

HUT KE II YAYASAN MEKAR JATI 18 MARET 1991 (SENIN KLIWON) YANG DIRAYAKAN PADA TANGGAL 16 MARET 1991 (SABTU PON) DI PADEPOKAN CINANGKA



Bapak-bapak, ibu-ibu sekalian selamat datang, dan pada bapak-bapak yang beragama Islam kami ucapkan Assalamu alaikum Warroh Matullohhi Wabarrokatuh.
Pertama-tama kami ucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas kehadiran bapak-bapak sekalian yang telah memenuhi undangan kami baik lisan maupun tulisan yang mana pada acara pada malam ini adalah hari ulang tahu yayasan Mekar Jati, latihan olah raga pernapasan sekaligus peresmian padepokan Mekar Jati yang terletak di daerah Cinangka RT 03/ RW 01 ini. Untuk itu kami ucapkan puci syukur kehadirat ALLAH SWT yang mana telah menganugrahkan kita semua sehinga terbentuklah satu padepokan yang selama ini  kita idam-idamkan bersama. Semoga yayasan Mekar jati dan latihan olah raga pernapasan nanti langgengadanya dan tercapailah cita-cita dari Yayasan Mekar Jati.
Bapa dan ibu sekalian sesuai yang telah dijadwalkan bersama bahwa pada pada malam hari ini akan ada beberapa acara lebih lengkapnya akan kami bacakan sesenan acaranya sebagai berikut :
Yang pertama pembukaan (yang telah kami sampaikan)
Yang kedua laporan orientasi singkat perkembangan Mekar jati periode 90-91 oleh bapak Maning Yunias
Yang ketiga adalah acara sambutan d=lurah yang akan disampaikan oleh bapak ketua RW, bapak Alex.
Acara yang kelima; wjangan yang akan disamopaikan oleh bapak RB Riyanto
Acara keenam; ramah tamah yang didahului oleh doa oleh bapak Ketua yaitu bapak Kemin.
Selanjutnya kesan dan pesan akan disampaikan oleh bapak Suwardi.
Demikian susunan acara yang bisa kami sampaikan dan untuk acara selanjutnya adalah sambutan yang aka disampaikan oleh ketua Mekar Jati bapak Kemin haryanto, waktu kami persilahkan.
Terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan. Yang terhormat bapak lurah dan stafnya, bapak RW dan bapak RT beserta ibu serta bapak undangan lainya.
Kami atas nama kerabat Mekar Jati menghaturkan terimaksih atas kesediaanya berkenan menghadiri acara selamatan hari ulang tahun yang kedua Mekar Jati ini. Semoga Tuhan ALLAH yang membalas semua amal baik bapak-bapak dan ibu sekalian, dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, kami hendak menyampaikan sepatah duapatah katasebagai penjelasan tentang latihan pernapasan Mekar Jati khususnya kepada rekan-rekan semua, umumnya kepada seluruh umat manusia dalam tugas kami ini terhadap sesame hidup berlaku hokum asih, cintailah sesame hidup sebagaimana engkau mencintai sesame manusia sebagainama ia mencintai dirinya sendiri.
Hukum inilah yang sangat kita butuhkan dalam hubungan dengan dan kerjasama antara manusia untuk membangun masyarakat sejahtera dan bahagia dengan demikianlah kami mengucapkan banyak terimakasih kepada pembimbing kami Bapak RB Riyanto yang telah menuntun kami untuk bisa menghayati latihan pernapasan Mekar Jati dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Sehingga kami lebih mengerti kemampuan manusia yang dibekali segala kemampuan oleh ALLAH. Serta kewajiban mengamalkan ilmunya yang digali dari Mekar jati dan terimakasih kepada senior yang dengan penih kesadaran atas kewajiban sebagai kerabat Mekar Jati yang telah ikut mengemban dan mengamalkan amal sesuai dengan petunjuk guru sehingga tercipta suasana kekeluargaan yang selalu bantu membantu sesama anggota serta masyarakat yang memerlukan pertolongan.
Dan terimakasih kepada seluruh anggota yang telah mendukung progam-progam Mekar Jati serta kami mohon doa restu dari semua yang ada disini, semoga niat baik dalam melaksanakan latihan pernapasan Mekar Jati dapat diridhoi oleh  Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin.
Sekian waktu kami serahkan kepada pengacara kembali.
Terimakasih, kami semapaikan kepada ketua bapak Kemin haryanto yang telah memberikan sambutan yang antara lain kita diharapkan bisa saling asah, asih dan asuh. Semoga sambutan dan petuah dari beliau bisa kita hayati dan bisa kita laksanakan semestinya.  Semoga saran-saran dan petuah dari beliau ketua Mekar Jati bisa bermanfaat bagi kita semua.
Adapun acara selanjutnya yaitu laporan orientasi singkat perkembangan Mekar jati periode 90/91 yang akan disampaikan oleh bapak Maninh Yulias. Kepada bapak Maning Yulias kami persilahkan.
Terimakasih. Mohon doa restu dari guru dari para undangan uag terhormat dari rekan-rekan kerabat Makar Jati sekalian. Pertama-tama saya ucapkan puji syukur dan terimasih kepada ALLAH sesembahan kita, bahwa kita sudah diberikan kesempatan untuk bisa mengucap syukur dalam acara selamatan ulang tahun yang kedua dari Yayasan Mekar Jati ini.
Semoga kuasa dari ALLAH juga yang akan merestui dan membimbing acara kita sampai seledai dengan selamat. Kalau kita melihat yayasan Mekar Jati sekarang mungkin kita boleh merasa senang dan bangga hati. Tapi dua tahun yang lalu sama sekali tidak pernah memimpikan adanya yayasan Mekar Jati ini, karena guru pembimbing kita itu hijrah dari Solo ke Jakarta maksudnya untuk mencari nafkah semata sambil mengamalkan ilmu-ilmu yang dimiliki secara tidak terikat oleh apapun.
Dalam kesempatan ini saya juga ucapkan banyak terimakasih kepada rekan kerabat bapak Handoyo yang paling besar diujung sana itu. Atas jasa beliau juga saya rasa kita semua bisa menjadi satukerabat sekarangini. Karena beliau saat itu menderita sakit sangat parah, momohon kepada guru kita agar ditolong dan atas desakan-desaka  dari pah handoyo juga sehingga bapak Riyanto bersedia mengajar, mengamalkan ilmunya pada sesama manusia ini. Kemudian dengan perkembangan peserta dan peminat yang ingin belajar sehingga saat itu dipikirkan untuk adanya perlu adanya organisasi yang mengurus segala kegiatan yang ada. Walaupun saat itu belum ada yayasan Mekar jati ini.sampai akhirnya satuhun yang lalu terbentuknya perguruan dari latihan pernapasan ini sekaligus dicarikan nama.
Saat itu  timbul beberapa usulan atas nama-nama yang dipakai yang terakhir disepakati yaitu nama Mekar jati. Nama ini didapat oleh bapak ketua, Pak Kemin Haryanto yang uraian artinya didapat oleh ibu Suradi. Merupakan kepanjangan dari Manusia Eling atau ingat kepada ALLAH dan Rasul seJATI. Jadi sebetulnyasemua tujuan dari yayasan ini sedah tergambarkan didalam nama yayasan kita ini yaitu untuk mendidik dalam pengamalan ilmu ini agar manusia-manusia ini elngi atau ingat pada ALLAH dan rasul sejati. Tentunya aperikat ini sangat luas tapi dasarnya adalah itu. Itu dasar utama dari yayasan kita ini.
Dan saat itu kita sama sekali belum mempunyai bayangan kita bisa mempunyai padepokan disni, tapi bedasarkan dari perjuangan, persatuan, dan pengorbanan dari seluruh rekan-rekan kerabat Mekar Jati maupun simpatisan dari yayasan kami sehingga kami bisa berlega hati dan mengucap syukur pada TUhan adalah kita kita diijinkan mempunya wadah padepokan disini. Kalau dilihat dari hasil-hasil yang kita capai kita boleh berbangga hati karena dari segi materi kita boleh bersyukur adanya padepokan ini,dari segi rohani juga sudah banyak dihasilkan tokoh-tokoh.
Saya sebut tokoh-tokoh karena mereka-mereka ini sudah waktu dan tenaganya untuk ikut mengamalkan dan mengembangkan misi Mekar jati yaitu, dengan mengadakan pelayanan umum pada masyarakat tampa dipungut biaya. Segala keluhan maupun permintaan tolong yang datang dari masyarakat kami akan melayani semampu kami sesuai dengan bekal-bekal yang telah diberikan dari yang Kuasa kepada kita.
Tapi kalau melihat dari kenyataan kita harus akui bahwa kita masih jauh dari tujuan. Masih banyak diperlukan pengamalan yang harus kita laksanakan sebaik mungkin sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh guru.
Disini saya ingin sedikit menghimbau kalau saya teringat pada suatu pribahasa yang cukup terkenal bahwa diaktakan bahwa ada kemauman pasti ada jalan. Memang menurut saya yang paling penting ada dua unsur yaitu kemauan maupun kemampuan. Kalau salah satu tudak ada rsanya pincang gitu melaksanakan sesuatu itu. Tetapi sangat berbahaya sekali apabila kemauan dan kemampuan sedemikian besar tampa dilandasi oleh Mekar Jati itu sendiri.
Kita bisa bayangkan kalau seseorang yang mempunyai kemampuan luar biasa mempunyai kemauan luwar biasa melaksanakan sesuati tapi hasilnya luar biasa. Makanya saya menghimbau agar kalian bisa terus membulatkan dan memperbesar tekad dan semagat kita dan kemampuan kita tapi yang paling penting dilandasi dengan Mekar jati itu sendiri yaitu satukanlah kemampuan dan kemauan kita dengan landasan manusia eling kepada ALLAH dan rasul sejati sehingga mudah mudahan ALLAH selalu berkenan merestui Mekar jati untuk misinya.
Apabila dalam kata-kata saya ada yang mungkin tidak berkenan bagi rekan-rekan kerabat maupun yang terhormat para undangan saya mohon keiklasanya untuk memaafkan sayda dan terimakasih atas  waktu yang telah diberikan. Saya kembaliakn kepada bapak Suradi untuk melanjutkan acara.
Terimakasih saya sampaikan kepada bapak Maning. Bahwa tujuan semula tadi adalah para anggota itu tadi banyak yang sakit, tujuanya itu hanya mengobatkan dirinya, hanya berobat pada dirinya, mengobatkan dirinya yang mana telah bertahun-tahun diusahakan dokter tidak kunjung sembuh juga. Seperti satu contoh istri saya sendiri yang sudah delapan tahun darah tinggi akhirnya sudah kalah, lewat atas kuasa ALLAH SWT, lewat bapak Riyanto maka istri saya bisa tersembuhkan, bahwakan tujuannya semula latihan pernapasan ini untuk menyehatkan badannya.
Sedangkan anggota-anggota Mekar Jati diwajibkan sama pembimbing bapak RB Riyanto diwajibkan mempunyai agama yang tetap, jadi disini bukannya mendirikan suatu agama, tetapi harus menekuni agama yang telah diyakini Suatu contoh kalau memang agama Islam ya harus sembayang yang benar-benar lima waktu, jadi harus benar-benar percaya adanya ALLAH, harus benar-benar percaya adanya Yang Kuasa ALLAH SWT itu harus diyakini benar.kalau memang Islam, jadi demikia jadinya.
Kami ulangi sekali lagi bukanya mendirikan agama tetapi sam pembimbing berkali-kali dianjurkan kalau kalian beragama Katolik ya harus kegereja yang benar, kalau beragama Islam ya kamu menjalankan syariat-syariat Islam yang benar. Justru kalau tidak menjalankan syariat-syariat agamanya……
Kira-kira yang bisa saya tambahkan demikian, sedangkan mengenai amal itu memang diwajibkan bagi meraka-meraka yang sudah mampu itu diwajibkan menolong sesama manusia tampa mengharapkan apapun. Jadi ya harus berdoa kalau Islam ya secara Islam,kalau Katolik ya secara Katolik memohon kuasa dari Yang Kuasa untuk penyembuhan dari pasien yang sakit tadi, namun demikian semuanya terserah kepada ALLAH SWT.
Kira-kira yang bisa kami sampaikan dan kami perjelas apa yang disampaikan Pak Maning demikian.
Mungkin kita bisa lanjutkan acara berikutnya yaitu sambutan dari lurah Cinangka yang akan disampaikan oleh bapak Alex ketua RW Cinangka, kepada bapak Alex kami mohon pertengahan untuk bisa menyampaikan sepatah duapatah untuk kami.
Terimakasih.
Saya ucapkan banyak terimakasih kepada pinpinan acara. Saya ucapkan pula selamat datang dan selamat malam kepada bapak maunpun ibu, saudara dan saudari yang berkenan hadir dilingkungan kami atau di Cinangka ini dan juaga perlu mohon maaf kepada bapak-bapak atau hadirin sekalian bahwa memang desa kami sudah demikian adanya. Saya banyak-banyak mengucapkan terimakasih atas kehadirannya bapak, ibu,saudara, saudari yang mana pikiranya untuk mendatangi kedesa kami dan tidak lupa sesuai dengan yang saya yakini. Saya ucapkan Assalamua Allaikum warroh matullohi wabarrohkatuh.
Kepada hadirin sekalian kami sebagai kepala desa atau mewakili daripada kepala desa Cinangka mengucapkan banyak-banyak terimakasih atas terselenggaranya acara semacam ini ialah hari ulang tahun Mekar jati yang dipinpin oleh Bp Riyanto. Saya sendiri pun baru mengenal dan baru juga mendengar Yayasan Mekar Jati ini.
Mudahan dalam rangka ulang tahun Mekar jati ini semoga Mekar jati ini selalu berulang-ulang tahunnya. Jangan sampai diadakan seperti ini ulang tahun yang ketiga –ulang ituialah, yang kedua jangan sampai disitu saya mengharapkan sampai berulangulang kalau berulang-ulang itu juga saya rasa enggak ada habisnya kan ya. Mudah-mudahan jangan sampai ada habisnya , saya mengharapkan dan juga kepada bapak-bapak memang untuk didesa kami atau dilingkungan kami sebagian besar adalah menganut agama-agama Islam,
saya merasa tertekun sekali atau merasa bangga atas ucapan-ucapan dari bapak Suradi tadi yang mana Yayasan Mekar jati tidak membawa pikiranya satu ngak ada namanya menyingkirkan suatu agama bahkan mendorong dari pihak agama. Misalnya saja ya agama Kristen dan Katolik dan lain-lainya sebagaimana itu harus menekuni masing-masing agamanya itu, merasa berkesan mungkin nama saya itu sampai kapanpun.
Kepada bapak-bapak saya perlu beritahukan yang mana bahwa saya ini sambutan selaku kepala desa karena bapak kepala desa Cinangka ini sudah melaporkan kepada saya bahwa ia tidak sempat hadir karena berhalangan atau berbarengan dengan acara yang dia akan saksikan disana. Ida menyaksikan pembentukan RT, jadi dia mungkin tidak sempat hadir untuk kesini karena mungkin tidak bisa magi waktunya jadi ala kadarnya sambutan dari saya selaku kepala desa cuma mendorong atas berdirinya keluarga Mekar Jati ini dan mendoakan semoga apa yang dicita-citakan dari keluargabesar Mekar Jati ini sukses. Apa yang diharapkan mulai dari sekarang sampai pada tercapai apa yang dituju dan juga kami menyambut selaku ketua lingkungan tau juga RW saya ucapkan sebanyak-banyaknya terimakasih terutama kepada ketua sekaligus seluruh jajarannya
dan terimakasih kepada bapak Suradi yang mana dia sempat mengundang para anggotanya atau keluarga besar sehingga dia atau mereka tetap hadir dilingkungan kami ini dan kami selaku ketua lingkungan tidak kurang-kurang untuk memohon maaf kepada hadirin sekalian baik bapak, ibu, saudara, dan saudari bilaman lingkungan kami atas kedatanganya bapak-bapak ini kurang sesuai utamanya jalanya becek kampungnya juga sekelilingnya kelihatannya……
karena kami ini katakanlah adanya desa ini didalam jadi belum bisa menyesuaikan seperti dijakarta jadi nggak segan segan saya untuk memohon maaf kepada bapak-bapak bila lingkungan saya ini ya kurang sesuai untuk didatangi bapak-bapak atau di………….. ke cinangka katanya kampung……….banget kalau orang bilang gitu pak caranya.
Jadi saya ya segan-segan untuk mohon maaf kepada bapak atau ibu sekalian bilama kampung saya ini kelihatanya mesum, becek jadi saya mohon maaf.
Demikian sambutan  dari saya tidak panjang lebarkan cuma ucapan atau mendoakan semoga keluarga besar ini betul-betul tahun ini menjadi patokan untuk mencapai apa yang dicita-citakan tercapai.
Wabilla taufiq walhidaya, wasallamu allaikum warroh matullohi wabarohka tuh.
Terimakasih atas sambutanya da begitu juga terimakasi kami sampaika atas harapanya semoga Mekar Jati langgeng dan terimakasih juga atas diterimanya kita sebagai warga desa Cinangka ini.
Menurut hemat kami bukan… bukan… tetapi memang ini adalah pilihan kami, pilihan kami. Sedangkan kami diterima disini saja sudah sangat berterimakasih.
Selanjutnya bapak RW yang tercinta bahwa ini terselenggaranya berkat adanya ketua-ketuanya yaitu yang mengundang bapak itu bapak Hesen Susanto, jadi kami hanyalah sebagai apa ya penyambung lidah sebenarnya acara ini bisa berjalan sampai sekarang ini adalah berkat bimbingan bapak Hesen Susanto yang ada di pojok sana….
Jadi mereka-mereka ini yang tidak mempunyai dasar agama beliau akan menolak.
Kira-kira demikian yang bisa kami tanggapi dari yang disampaikan bapak ketua RW. Kemudian kami lanjutkan cara berikutnya adalah wejangan yang akan disampaikan oleh pembimbing kami yakni bapak Raden Bagus Riyanto.
Kepada bapak Riyanto kami persilahkan.
Saya sebagai pembimbing dari kalian semua pada malam yang baik ini ingin sedikit memberi petunjuk-petunjuk bagi kalian semua demi tercapainya apa yang menjadi cita-cita kita bersama.
Perlu kalian ketahui dengan semakin berkembangnya dari perguruan kita yang berbentuk atau bernaung di Yayasan Mekar Jati makin membutuhkan kebulatan tekad dari kalian semua untuk selalu bersatu dalam memecahkan masalah-maslah yang akan kita hadapi. Berulang-ulang tidak bosanya aku memberikan petunjuk-petunjuk bagi kalian semua untuk selalu bersatu, bersatu dalam mewujudkan apa ayng menjadi cita-cita kalian semua.
Kita mempunya cita-cita bersama dan bukan hanya cita-cita pribadi kalian masing-masing maka sekali lagi kesatuan kalian untuk mewujudkan apa yang menjadi cita-cita kita bersama itu yang kami saya perlukan khususnya kepada pengurus Mekar Jati saya sangat mengharapkan akan kebesaran jiwa kalian didalam menghadapi segala macam urusan atau rintangan-rintangan yang akan kita hadapi. Jiwa besar kalian sangat kami harapkan demi tercapainya apa yang menjadi cita-cita dari Mekar Jati.
Sekali lagi apa yang menjadi keinginanku and petunjukku bagi kalian semua hanya kesatuan kalianlah yang dapat mewujudkan apa yang menjadi cita-cita dari perguruan kalian. Makahindarkan segala bentuk perpecah-belah. [ada malam yang baik ini saya mengajak kalian semua untuk memanjatkan doa kepada ALLAH atas berkah-Nya sehingga apa yang menjadi tujuan dari mekar Jati dapat menjadi kenyataan.
Mari kita bersama memanjatkan doa sesuai dengan keyakian –keyakian kalian masing-masing….. amin.
Saya rasa cukup sekian petunjuk-petunjuk yang saya berikan kepada kalian semua dan semoga petunjuk-petunjuk yang saya berikan bisa bermanfaat bagi kalian.
Terimakasih kepada Raden Bagus Riyanto yang telah memberikan wejangan bagi kita semua, yang mana kita diharapkan oleh pembimbing itu untuk bersatu padu dalam mencapai suatu tujuan dan khususnya bagi pengurus itu tidak diharaopkan untuk tidak bercerai berai kalaupun timbul maslah itu supaya diatasi segera dicarikan jalan keluarnya. Semoga petuah dan wejangan dari Bapak Riyanto bisa kita serap biar bermanfaat bagi kita semua.
Bapak-bapak sekalian kita kan lanjutkan acara yang berikutnya yaitu acara yang keenam. Yakni ramah tamah yang didahului oleh doa yang akan disampaikan oleh bapak Kemin Haryanto. Kepada Kemin kami persilahkan.
Ijinkan dahulu kami untuk memimpin doa.
Bapak-bapak semua atau adik-adik semua dalam doa tadi sudah dikemukakan oleh protokol bahwa Yayasan Mekar Jati ini terdiri dari berbagai macam agama oleh sebab itu bapak-bapak semua kami mohon berdoa menurut keyakinan sendiri-sendiri pada Tuhan Yang Maha Kuasa dan saya mohon kepada TUhan semoga apa yang menjadi niat daripada Mekar Jati ini tercapaim mari kita mulai.
ALLAH Maha Besar, ALLAH Maha Besar, ALLAH Maha Besar.
Ya ALLAH Yang Maha Kuasa kami memohon kepadamu ya ALLAH semoga apa yang menjadi cita-cita dari Mekar Jati bersama pengurus-pengurusnya semoga ALLAH memberkahi pada Yayasan Mekar Jati bersama pengurusnya bisa berjalan lancer tidak mengalami apaun yang telah kita cita-citakan bersama. Ya ALLAH Yang Maha Kuasa semoga Yayasan Mekar Jati berkembang pesat demi tujuan Mekar Jati. Ya ALLAH Yang Maha Kuasa kami memohon kepada-MU, ya ALLAH semoga merestui.
Semoga yang hadir disini bersama keluarganya yang ada dirumah mendapat Ridho dari Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga semua dalam keadaan yang sehat  wala;fiat semuanya.
Ya ALLAH Yang Maha Kuasa kami memohon kepadamu ya ALLAH semoga apa yang menjadi cita-cita dari Mekar Jati terlaksana dan terwujud, berkembang pesat sesuai apa yang dicita-citakan.
Amin,amin,amin ya Robil Allamin.
ALLAH Maha Besar, ALLAH Maha Besar, ALLAH Maha Besar.
Terimakasih kepada bapak katua yang telah memberikan doa dan terimakasih kepada rekan yang beragama Islam yang telah memanjatkan doa kepada ALLAH SWT semoga doa kita diterima oleh ALLAH SWT dan anugerahnya untuk kita semua dan untuk Mekar Jati.
Semoga segala yang dicita-citakan Mekar Jati bisa terlaksana.
Amin Ya Robbil Allamin
Kita memasuki babak berikutnya yakni kesan dan saran-saran selama berlatih di Mekar Jati yang akan disampaikan oleh bapak Suradi. Kepada bapak Suwardi kami mohon berkenan.
(kesan dan saran dari bapak Suwardi)
Terimakasih atas kesan dan saran yang diberikan kepada kita emua terutama untuk sesama rekan anggota latihan pernapasan Mekar jati tentunya. Yang mana dihimbau dan disarankan bapak Suradi tadi pada sesama kita untuk bisa kira-kira memelihara, bisa bersatu dan bisa berkembang sesuai yang dicita-citakan dan mungkin juga terciptakan tumbuhnya rasa kekeluargaan diantara kita yang mana tadinya kita tidak tahu, tidak kenal dengan sama-sama kita dibimbing oleh RB Riyanto itu tumbuh rasa kekeluargaan yang saling asih mengasihi, semoga yang disampaikan oleh bapak Suwardi bisa kita laksanakan bersama dan mungkin untuk selanjutnya pada bapak-bapak sekalian saya pribadi sebagai pembawa acara mesti banyak kesalahan yang tidak saya sengaja pada bapak-bapak sekalian untuk itu kami memohon perkenankan bapak-bapak untuk memaafkan kami dan saya pribadi sekali laig mengaturkan terimakasih yang tak terhingga  kepada khususnya undangan dan rekan-rekan semua untuk bisa hadir dipadepokan ini.
Mari kita lanjutkan acara berikutnya yakni ramah tamah dan bersantap bersama yang didahului ileh pembimbing kemudian bapak Hansen Susanto, undangan Bapak Alex, Bapak Zainul, bapak-bapak undangan yang lain yang kami tidak bisa sebutkan satu persatu. Mari kita bersama-sama mencicipi hidapngan yang telah disediakan.
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar